Mencoba Tantangan 14 hari dengan Nestle Fitnesse

October 20, 2013

Assalamu'alaykum
I'm on a diet, what do you think? hihi, beberapa temen ada yang bilang "apa yang mau didietin coba, kamu tuh udah kecil". Yep, aku memang gak mendambakan berat badan ala supermodel, orang bentuk tubuh udah jauh dari model gini :D. Tapi aku punya patokan berat ideal dan aku tipe orang yang gampang gemuk tapi gampang kurus lagi. Nah, berat badan ideal menurut aku itu masuk kategori sehat dalam BMI, itu artinya bukan langsing, kenapa? karena aku bukan golongan orang yang tinggi alias bantat,haha jadi kalau aku terlalu kurus bakal kelihatan kecil banget tapi kalau terlalu gendut itu juga bisa gawat. Kalau kata adik nih kalau aku gendutan "mba kamu tuh lucu, betuknya bulet, asyik nih kalau diajak main bola :D". Nah berhubung aku gak mau tuh diajakin main bola terus sama adik yaitu sebagai bolanya, biasanya aku selalu mempertahankan BB aku di posisi 40kg-42kg (sebenernya tabu nih buka-bukaan soal bb tapi ya sudah lah :D). Seperti yang sudah aku katakan aku tipe orang yang gampang gemuk dan salah satu penyebabnya adalah stres. Aku sama sekali bukan tipe orang yang kurus karena stres, kenapa? karena kalau stres aku cenderung makan tidak terkontrol. Seperti kemarinan aku lagi sedikit stres karena skripsi, nah aku selalu mikir "ah buat mikir ini, makan yang banyak gak pa-pa aah, makan tengah malem juga gak pa-pa :P" yang ada makanannya masuk, mikirnya enggak, tidurnya iya. Otakku juga seperti menstimulus kalau habis ngerjain skripsi kalau gak makan bakal laper padahal aslinya juga belum lapar. Ditambah lagi kalau tiba-tiba stres habis bimbingan aku bisa makan beng-beng berbungkus-bungkus, bahkan pernah satu dus beng-beng buat dua hari aja,hahaha. Apa yang terjadi saat aku nimbang bb?
Yes, aku sedikit shock ntar kalau kebaya aku gak cukup gimana *padahal belum beli kebaya :P. Kebetulan itu tepat dua minggu sebelum wisuda dan aku dikasih kesempatan oleh Nestle Fitnesse untuk mengikuti NESTLÉ FITNESSE 14 Day Challenge. Tantangan ini adalah mengganti sarapan dan makan malam dengan sereal gandum Nestle Fitnesse.
Ada dua macam Nestle Fitnesse yang aku coba yaitu Nestle Fitnesse aja, aku biasa menyebutnya yang original dan Nestle Fitnesse with fruit. Apa sih bedanya? kalau rasa serealnya sama tetapi yang with fruit itu ditambah potongan kecil-kecil buah kering. Aku lebih suka yang with fruit karena aku jadi gak bosen makan serealnya jika ada buah-buahnya. Sereal ini terbuat dari gandum utuh, rendah lemak dan merupakan sumber kalsium. Simbol kandungan gandum utuh bisa dilihat pada kanan atas kemasan yaitu tanda centang putih.
Nestle Fitnesse dan Nestle Fitnesse with fruit mempunyai berat bersih yang berbeda, mungkin karena kandungan sereal gandumnya disamakan perbungkus terus yang satu ditambah potongan buah kering jadi berbeda. Untuk makanan tentu aku lebih selektif dalam mencari label halal MUI :D.
Komposisi
Informasi nilai gizi, maybe it's important for some people, jadi aku cantumin dan yang dimerah-merahin adalah yang kandungannya berbeda. Kalau aku sih jujur tidak terlalu memusingkan hal itu :D
Tampilan sereal dari dekat, kalau teman aku bilang ini mirip marning jagung. Tetapi rasanya gandum banget kok :D Tips diet dari Nestle Fitnesse:
1. Sarapan dengan sereal dengan gandum utuh Nestle Fitnesse, yaitu 
1 saji (16gr) dengan susu rendah lemak dan buah. 
2. Konsumsi makanan seimbang dan minumlah 1,5 liter air setiap hari. 
3. Lakukan olahraga 3 kali seminggu selama minimal 30 menit di gym, jalan kaki, jogging, berenang, bersepeda atau aktivitas apapun yang menarik perhatian anda. Bagaimana proses aku melakukan diet dan apa hasilnya?hihi,yang penasaran boleh banget diterusin bacanya :D. Aku mau sharing bagaimana komitmen dan cara aku berdiet. 
1.Olahraga 
Olahraga ini merupakan salah satu langkah yang diagung-agungkan dalam berdiet. Sebenarnya olahraga juga penting buat semua orang tidak hanya yang sedang diet. Dulu waktu masih rajin berolahraga *ceile aku memang merasakan banget manfaatnya yaitu membuat sistem metabolisme lancar, gak pernah yang namanya susah bab, selain itu bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Aku jadi jarang insomnia dan entah kenapa tidur jadi nyenyak banget dan bangunnya badan segar banget. Tetapi bagaimana kalau malas berolahraga atau tidak ada waktu berolahraga? Jawabanya sebenarnya simple, "masa malas dipelihara" kalau tidak ada waktu sih lain ceritanya tapi sesibuk apa sih sampai tidak ada waktu 30 menit pun untuk berolahraga. Jawaban aku sotoy banget ya, haha padahal aku termasuk yang alasan no. 1 yaitu malas,hihi. Eh, tapi aku punya tipsnya loh jangan khawatir, intinya nih jangan jadikan olahraga sebagai beban diet. Ini akan menjadi penyiksaan dalam diet dan bakal cepat bosan. Aku pernah dapat tips berdiet dari salah satu dosen psikologi, yaitu Move On . what's the meaning of move on?
Yap, tentu ini bukan move on dari seseorang ya :P. Move on itu intinya lebih baik bergerak dari pada diam. Contohnya nih daripada naik lift mending naik tangga, daripada naik angkot ke halte busway mending jalan kaki, hihi. Nah kalau aku selalu berusaha banyak jalan kaki dalam sehari dan aku selalu memonitor sudah berapa jauh/ lama aku jalan kaki. Yang pasti ke kampus itu pasti jalan kaki, terus nanti beli makan ke warteg juga jalan kaki dan jalan kaki ke halte busway dibanding naik angkot 18, hihi. Contohnya nih aku sengaja mengambil uang di atm yang sedikit lebih jauh dari biasanya, atau beli makan yang rada jauhan dikit. Percaya deh itu efektif dan tentu saja tidak menjadi beban. Sebenarnya awal berdiet aku sudah berencana untuk lari pagi setiap hari cuma karena malamnya aku sering begadang dan sehabis shalat subuh selalu masih mengantuk,hehe terus nanti kira-kira jam 6 atau setengah 7 sudah harus ngantri mandi buat ke kampus karena menunggu dosen itu harus berjuang berangkat pagi :D. Seriously, komitmen untuk move on itu lebih mudah dibanding harus olahraga setiap pagi atau kembali menjadi anggota gym dan efektif lho untuk diet aku. 
2. Minum air putih minimal 1,5 liter perhari dan kurangi minum minuman manis
credit:klik
Kalau untuk minum air putih 1,5 liter setiap hari itu mudah bagi aku, karena aku memang suka minum bahkan sehari kayaknya lebih sih dari 1,5 liter. Yang agak susah adalah membatasi minuman manis. Jakarta kan memang panas banget jadi kalau habis pergi keluar pasti pengen minum minuman dingin dan kebetulan disamping kos aku ada warung yang jual berbagai minuman dingin #godaan banget gak tuh. Pokoknya dalam sehari yang biasanya pasti minum kalau gak teh pucuk harum , kopi good day,dsb, sejak mengikuti Tantangan 14 hari dengan Nestle Fitnesse aku stop semuanya jadi dalam sehari bener-bener cuma minum air putih aja.,
3. Mencatat apa saja yang aku makan dalam sehari
Memang jumlah makanan yang kita makan itu belum tentu menunjukkan kalori yang lebih banyak dari jumlah makanan yang lebih sedikit. Tetapi buat aku kalau aku memakan variasi makanan yang banyak tentu saja pasti lebih banyak kan frekuensi atau makanan yang masuk ke lambung. Jadi aku mengontrol dengan mencatatnya kalau jumlahnya lebih dari biasanya besoknya ku cenderung mengurangi yang dirasa itu cuma godaan makan.
Untuk makan siang aku tetap makan apapun yang aku mau seperti biasanya, porsinya juga masih seperti biasa. Aku tidak menghindari lemak atau apapun, lemak itu tetap dibutuhkan tubuh dan bukan musuh dalam berdiet. Kalau ditanya " lapar gak cuma sarapan atau makan malam sereal?" Selama ini aku tidak pernah merasa kelaperan sarapan sereal Nestle Fitnesse hingga jam makan siang tiba, dengan syarat waktu makan siang aku teratur yaitu antara jam 12.00-01.00 siang. Kalau lewat dari itu pasti lapar, tapi ini jadi bagus biar aku tidak telat makan lagi. Kalau malam, tergantung situasi, kalau memang aku masih harus banyak ngerjain tugas biasanya memang lapar lagi tetapi selain sereal gandum Nestle Fitnesse aku tambah dengan minum jus atau yogurt atau makan buah segar, gak lapar kok sampai pagi :D. 
Bagaimana hasilnya? 
Aku sedikit tidak menyangka hasilnya karena aku tidak berolahraga secara resmi tetapi waktu aku menimbang pada minggu pertama atau 7 hari berat badanku turun 2,5 kg, Yey dan dalam 14 hari aku berhasil menurunkan hingga berat badan hingga berat badan yang aku inginkan, hihi.. Kalau ditanya "peduli banget mba sama berat badan?" haha Yap kalau bukan aku sendiri siapa lagi yang mau ngurusin berat badan sendiri :D. Semoga bermanfaat ya dan Be Smart for diet, jangan sampai diet malah bikin sakit. Kalau aku sih lebih suka disebut gaya hidup sehat dan teratur. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Nestle Fitnesse bisa dilihat pada fitnesse.sahabatnestle.co.id 



 love


miz_purple

You Might Also Like

6 comments

  1. tertarik ihh sama tips2nya :) izin coba tipsnya ya kaka :D

    ReplyDelete
  2. Enak ga rasa nya kalo saya biasa nya yang honey star

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih mba, kalau yg biasa makan yg hambar2 sih enak2 aja, tapi lebih enak yang ada buah keringnya

      Delete

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe