Healthy living and flawless skin in 2014, What's yours?

January 03, 2014

Assalamu'alaykum
This my first post in 2014, agak-agak telat ya sekarang sudah tanggal 3,hihi. Kalau tahun baru biasanya pada ngomongin namanya resolusi. Aku paling pinter nih kalau disuruh menyusun daftar resolusi,haha. Cuma tahun ini agak sedikit malas buat nulisnya karena lagi liburan. Biasanya aku menyimpan resolusi untuk diri sendiri,hihi *rahasia gitu* tapi sekarang aku mau dong curhat dari sebagian resolusi 2014. Sebagian saja loh ini aku tidak akan cerita tentang resolusi carier, love live, family atau attitude. Resolusi disini tentang beauty dan healthy living. Akhir tahun 2013 kemarin kondisi badan aku memang agak kurang sehat, waktu di tensi di RS itu mencapai 140/91 mmHg (what!!!). Shock? banget, belum pernah aku ditensi setinggi itu, selain itu aku juga punya beberapa masalah pada lambung. Memang sih harus ditampar dulu supaya sadar,haha. Sebenarnya dulu waktu masih di rumah aku termasuk mengikuti gaya hidup sehat, itu semua karena bapak. Yap dari kecil sampai kelas 6 SD aku gak boleh makan permen, es, bakso, ciki-cikian, mie instan, jajan yang tidak sehat, dsb. Ibu juga kalau masak tidak pernah pakai MSG, konsumsi ayam atau telur harus yang ayam kampung terus kalau jajan di luar pasti bapak gak pernah lupa bilang "gak usah pakai bumbu masak ya" sama pedagangnya. Bayangin saja dulu kalau beli es kelapa muda pasti yang boleh pakai es cuma punya bapak sama ibu, buat anak-anaknya gak boleh pakai es, kalau dibayangin pasti gak enak banget kan XD. Aku sampai protes "kalau es nya pakai air mateng/ bikin sendiri kan gak pa pa?" Bapak jawab apa coba "es gak baik buat gigi" hahaha. Tetapi sejak SMP mulai boleh kok makan yang namanya bakso dan teman-temannya, cuma ya masih jarang karena tinggal di rumah jadi masih terkontrol. Mie instan itu dulu sampai pengen banget gara-gara jarang pakai banget makan yang namanya mie instan. Nah sekarang mulai kuliah makan itu mulai tidak beraturan, sering makan diluar itu pasti, makan mie instan (sampai bosen), sering telat makan iya banget. Awalnya aku masih sering bilang ke abang-abang bakso atau soto untuk tidak pakai micin, makin kesini suka lupa bilang dan mikir "alah sedikit ini, gak pa-pa". Sedikit-sedikit kalau dijumlahkan dalam 4 tahun pasti jadi banyak kan? haha. Yang bikin aku sadar untuk memulai hidup sehat lagi adalah bapak. Kita sekeluarga itu begitu karena ada bapak yang melarang ini itu, setelah tinggal sendiri ya mulai deh makan sembarangan. Kalau bapak itu gak tau dapat wangsit dari mana, beliau memang sudah punya kesadaran hidup sehat dari muda. Jadi di umur yang boleh dibilang 3 kali umur aku, beliau lebih sehat dari pada aku, tidak ada satu pantangan untuk makanan. Makan daging, sayur ini sayur itu, nasi, minuman manis yang biasanya menjadi pantangan orang seumuran bapak, beliau masih bisa makan. Gigi juga masih utuh dan rapi, masih sehat dan aktif. Sampai heran sendiri, terus kalau ada teman-teman seumurannya main ke rumah aku selalu bertanya-tanya kok temennya sudah kelihatan jauh lebih tua ya dari bapak, padahal kadang umurnya lebih mudaan dari bapak. Sekarang aku tahu itu kenapa, bapak mengalami aging yang lebih lambat, yaitu kulitnya masih kelihatan kecang, memang kalau muka sudah ada kerutan tapi secara keseluruhan masih kencang dan untuk kaki dan tangan itu masih kecang belum berkerut sama sekali. Aku sangat amaze melihat hal itu, padahal boro-boro pakai anti aging, gak tau lah produk anti aging itu apa. Aku yang notabene jauh lebih muda boleh dibilang lebih penyakitan. Tapi orang rumah itu tahu banget kalau bapak tuh sejak muda memang menjalani gaya hidup sehat, ternyata memang dampaknya bagus buat masa tua. Memang sih kalau dibilang "umur itu Allah yang mengatur, ngapain sih susah-susah untuk menjaga makan" Iya bener umur memang Allah yang mengatur entah sampai tua atau tidak tapi menurut aku kalau ada yang bicara seperti itu seperti bilang "ngapain sih investasi buat pendidikan anak toh rezeki kan Allah yang mengatur" Iya kalau rezeki memang Allah yang mengatur aku juga yakin dengan itu tapi bukan berarti harus diam saja menunggu uang datang mengalir,setuju gak? :p. Karena itu healthy living termasuk daftar resolusi aku tahun 2014 ini, aku mau sehat, sakit itu gak enak *lol 
1. Mengurangi makan mie instan
Makanan yang murah, enak, gampang bikinnya tapi gak sehat :(. Tidak munafik, aku sering mengkonsumsinya dan enak tapi jeleknya dobel-dobel, tidak cuma dari bumbunya, mienya sendiri pun gak bagus. Dulu waktu masih kecil dan sering ke dokter anak si pak dokter selalu bilang kalau bikin mie instan mienya harus direbus dua kali #padahal gak pernah bikin. Jadi aku mau batasin makan mie instannya dua minggu sekali saja :D. 
2. Tidak melewatkan sarapan 
Meskipun sekarang lagi ada trend diet yang bilang sarapan itu tidak penting tapi bagi aku penting. Aku maag gara-gara sering melewatkan sarapan. Meskipun cuma segelas susu atau yogurt atau sepotong biskuit atau buah harus selalu sarapan di 2014. Malas sarapan tidak boleh dipelihara
3.Masak sendiri minimal 3 kali seminggu
Aku termasuk jarang masak di kos, kadang seminggu bisa masak terus kalau lagi mood tapi seringnya beli XD. Gak mau terlalu memberatkan diri sendiri sih jadi 3 kali aja seminggu cukup asal konsisten, karena mau gak mau masak sendiri itu lebih sehat. Asal masaknya bener ya, harus ada sayuran hijaunya :P 
4. Kurangi begadang
Ini nih kebiasaan ngerjain skripsi kebawa sampai sekarang, susah tidur kalau belum jam 12 malam. Kalau tidak ada alasan urgent buat begadang tidak usah begadang, kalau susah merem dimerem-meremin, jauhkan HP dari jangkauan tangan karena itu bikin semakin gak bisa tidur. *padahal sekarang lagi begadang nulis blog XD* 
Selain healthy living, aku juga mau memperhatikan lagi kesehatan kulit. Kadang orang mikir aku peduli banget sama yang namanya jerawat padahal aku tipe yang gak komplain dengan adanya beberapa jerawat asal gak parah. Aku juga pede aja pergi dengan muka bare face tapi karena aku suka makeup jadi tetep lumayan sering makeup dan aku lebih sering foto kalau lagi pakai makeup *males foto kalau lagi bare face*. Alhasil aku gak sadar selama berbulan-bulan kalau kulit banyak masalahnya >,< My healthy skin resolutions are 
1. Jangan lupa cuci muka dipagi hari
Aku bukan tipe orang yang lupa cuci muka kalau mau tidur tapi malah di pagi hari. Karena belum resmi jadi orang kantoran yang harus pergi pagi-pagi dan aktivitasnya agak siangan jadi aku sering lupa cuci muka pagi-pagi. Padahal muka aku berminyak banget kalau habis bangun tidur dan kalau gak cuci muka sampai siang berakibat komedo-komedo pada demen main-main di wajah XD 
2. See progress for skin care routine products
Oke kalau untuk keperluan review biasanya aku memang perhatian dengan progres untuk suatu produk. Tetapi lama-kelamaan itu cuma jadi kebisaan, cream pagi, cream malam, toner, serum aku selalu pakai sebagai rutinitas. Kemudian lupa apakah itu hasilnya masih bagus dikulit atau tidak :(. Now, I have to pay attention to my skin care routine products, If it doesn't have significant progress, it must be replaced. 
3. Less makeup
Di sini aku tidak mau ngomongin pro kontra " I can't live without makeup". Untuk aku sendiri mau mengurangi makeup sampai kulit aku membaik. 
4. Save my money for buying more skin care products than full coverage foundations or good concealers
Jiahaha kesannya aku jadi menjauhi make up ya, padahal enggak gitu-gitu amat, I just try for the best to get flawless skin XD. 
Aku tetap punya resolusi berkaitan sama make up yaitu: 
1. Improve my eye makeup skill, yeah XD Kalau banyak beauty blogger kece yang jago make up mata, aku kebalikannya yaitu gak jago-jago amat kalau bikin make up mata. Jadi aku pengen ngasah kemampuan make up mata, ada yang mau ngajarin? XD Selain resolusi yang sudah lumayan banyak aku juga mau berbagi resolusi sebagai blogger. 
Yap, aku salah satu blogger di Indonesia karena aku punya blog #lol 
1. Improve quality picture and video on my blog
Saat ini aku pakai kamera Canon PowerShot A2300 dan belum berniat untuk ganti gadget dalam waktu dekat. Jadi aku mau improve skill di adobe photoshop dan videopad. Ini buka berarti foto-foto aku fake dan di photoshop lo, cuma dibuat supaya lebih enak dilihat, tetapi untuk review tertentu aku juga sering no edited cuma dengan angle dan pencahayaan yang tepat
2. Improve writing skill in english
Bahasa di blog ini mirip bunglon yang suka berubah-ubah sesuai mood. Semoga tahun ini bisa lebih konsisten :P 
3. Lebih rajin bikin postingan
Pasti semua blogger sebenarnya pengen rajin-rajin buat postingan cuma kadang aktivitas pekerjaan yang kurang mendukung. Meskipun tahun ini InsyaAllah sudah magang di BPS sebisa mungkin diatas 5 postingan perbulannya 
4. Lebih rajin blog walking
Kalau lagi nganggur memang rajin blog walking tapi kalau sudah sibuk bisanya suka lupa dan cuma fokus ke buat postingan kalaupun blog walking cuma skimming. Menurutku blog walking penting juga buat blogger^^ 
5. More FOTD
Tahun lalu aku termasuk males bikin FOTD cuma niat-niat aja tapi gak terlaksana. I want to create more celebrity or movie looks, trend colors, or office looks. 
Waah, gak terasa isinya sudah pajang,hehe Pasti ini pada males baca ya? apalagi gak ada foto-fotonya :P. Gimana resolusi kalian di 2014? Ayo siapa yang mau bikin juga, nanti di share dan tag aku ya, I want to know yours :) 



love 


miz_purple

You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe