I'm happy and proud to be a blogger

April 28, 2014

Assalamu'alaykum,
Haii, kali ini aku membahas tentang bagaimana aku menjadi blogger dan apa aja sih yang aku dapat dari ngeblog selama ini. Karena memang banyak teman yang bertanya tentang hal itu bahkan beberapa ada yang belum tahu tentang"who is a blogger?"
Nah aku mau share di sini tentang blogger live aku selama ini XD
Sejak kapan aku tahu tentang blog?
Sebenarnya aku sudah tahu tentang blog waktu SMA, yang memang waktu itu ada tugas membuat blog. Aku memilih account blogger untuk tugas meskipun bebas mau pakai web apapun. Berhubung waktu itu cuma tugas dan jujur saja isinya aku copy paste artikel di google>,<. Setelah blognya dinilai aku melupakan accountnya,hehe.
Sejak kapan mulai  ngeblog dan alasan membuat blog?
Postingan pertama aku di blog ini dibuat tahun 2010 tetapi mulai aktif ngeblog tahun 2011. Percaya gak postingan pertama aku judulnya "Stress cari journal kependudukan" hahaha random banget kan?
Sempat juga punya account di multiply, cuma aku gak lanjutin karena pusing punya 2 blog yang isinya sama *lol*. Alasan bikin blog waktu itu simple aja sih karena blog sedang tren dan butuh tempat nulis yang agak panjang. Kalau mau nulis di facebook atau friendster terlalu panjang dan random kok agak gimana.
Kenapa memilih nama ofisuredii?
Dulu waktu jaman SMA sampai awal kuliah aku hobi banget baca komik jepang seperti Naruto, one piece, eyeshield 21, ippo, bleach dkk (pokoknya komik cowok semua yang aku baca) dan agak sedikit terobsesi dengan jepang. Waktu membuat nama blog pun aku search nya kosakata jepang yaitu ofisuredii yang artinya office woman. Entah apa yang terpikir waktu itu sampai aku memilih kosakata itu, hehe dan sekarang ini malah beneran kejadian kalau aku adalah office woman #lol. Sekarang ini kepikiran buat ganti domain dengan nama aku tetapi nama aku tidak cukup unique XD jadi aku biarkan dengan nama ofisuredii untuk menjadi branding blog aku.
Apa sih tema blog aku?
Yap, temanya beauty blog. Tema ini sebenarnya tanpa disengaja atau bukan niatan aku dari awal untuk membuat beauty blog. Tetapi entah kenapa kebanyakan postingan aku diawal-awal ngeblog itu curhat tentang masalah kulit, terus cerita gimana perawatanya, pokoknya isinya banyak tentang skin care selain curhatan pribadi tentunya hehe. Waktu itu aku juga lagi sering- seringnya mantengin forum femaledaily.com yang banyak racun tentang beauty products, yang akhirnya aku share juga pengalaman mencoba produk di blog karena merasa lebih puas dari pada ditulis hanya di forum.
Apa keuntungan yang aku dapat dari ngeblog?
1. Masuk komunitas baru yang tentunya menambah teman baru dan relasi
Waktu sering mantengin forum femaledaily aku mulai tau dengan beberapa blogger dan vlogger internasional. Kemudian aku penasaran dengan beauty blogger dari Indonesia. Akhirnya aku menemukan komunitas Indonesian Beauty Blogger (IBB). Dari komunitas itu aku dapat bertemu blogger-blogger lain, selain itu juga dapat bertemu orang-orang yang tadinya cuma ngefans, mantengin timeline nya atau baca bukunya misalnya waktu acara young caring professional award, caring colour aku bisa bertemu Ligwina Hananto serta orang-orang hebat lainnya dengan different job. Hal itu membuat aku lebih open minded terhadap komunitas lain di luar. Setelah bergabung dengan ibb dan diundang banyak event aku jadi open terhadap komunitas lain tidak hanya dalam blogger dan beauty (ibb dan ihb) tetapi komunitas -komunitas lainnya. Aku jadi berpikir my live isn't just my campus live :D
2. Mendapat undangan ke banyak event
Berawal dari gathering IBB aku banyak belajar dari blogger lain how to be a good blogger. Lama-kelamaan banyak undangan ke  beauty event atau ke event lainnya.
event pertama dengan IBB
3. Mendapatkan  freebies dan mendapat fee dari advertorial post
Selama menjadi blogger ini aku banyak mendapatkan produk gratis dari beauty company atau online shop baik berupa goodie bag event atau produk yg mereka kirim langsung ke alamat aku. Sometimes aku dapat fee dari postingan yang aku buat yang biasa disebut Advertorial. Beberapa teman bertanya " how can I got a lot of freebies easily?". Tentu saja untuk mendapatkan semua itu aku juga butuh effort yaitu meluangkan waktu untuk menulis disela-sela pekerjaan aku atau kuliah, mulai dari take a picture, editing, dan writing. Aku harus menyediakan waktu, tenaga dan ongkos sendiri untuk datang ke event-event tersebut. Proses dari awal menjadi blogger sampai mendapatkan sponsor juga tidak sebentar.
4. Banyak belajar hal-hal baru
Jujur saja aku termasuk orang yang sedikit gaptek, tetapi yang namanya punya blog aku memilih mendesign blog sendiri jadi mau gak mau harus banyak belajar dan mencari informasi sendiri. Aku belajar mendesign blog juga dari tutorial blogger lain. Thank you so much^^
Selain itu aku juga belajar mendesain header sendiri. Begini tampilan header awal aku

Header blog saat ini

Awal ngblog aku memang sudah menyertakan gambar tetapi gambar yang sekadarnya dengan kamera hp. Semakin kesini aku mulai aware kalau gambar dalam dunia blog itu penting jadi aku mulai take pictures dengan kamera digital. Meskipun mengambil masih dengan kamera pocket aku berusaha mencari lighting dan angle yang bagus. Aku juga mulai belajar photoshop lagi, dari awal yang cuma marking aja kemudian meningkat ke mengatur pencahayaan dan sekarang sudah mulai bisa editing ke hal- hal lain. Thanks to ci Meilani dari PygmalionLand dan binus yang telah memperkenalkan photoshop lebih dalam, hehe. Selain photoshop aku juga mulai belajar editing video dengan videopad. Semua itu aku pelajari sendiri karena kuliah aku memang jauh dari design mendesign seperti itu, pernah belajar tetapi dulu banget waktu SMA. Semua aku dapat dari tutorial online.
Dalam hal bahasa yang aku gunakan untuk ngeblog, aku sedang berusaha untuk meningkatkan english writting skill, doakan ya :). Jadi aku welcome kalau ada kritikan tentang bahasa, kalau grammar aku tidak begitu bagus. Dalam bahasa aku masih menggunakan 2 yaitu Indonesia dan English sesuai kondisi. Biasanya kalau untuk local brand aku menggunakan bahasa Indonesia.
5. Wawasan dan skill makeup aku meningkat banget dibanding dulu
Kalau melihat foto awal-awal makeup aku dulu aku kadang suka senyum-senyum sendiri karena kelihatan banget bedanya dengan yang sekarang, dulu itu aku bikin shading masih harsh banget :P. Hal itu aku dapat dari belajar dari tutorial baik dari blog atau youtube ditambah kalau ada event beauty class.  Meskipun belum cukup modal buat jadi makeup artist tetapi sometimes aku diminta untuk makeup temen atau saudara, mereka bilang suka dibanding MUA atau tukang rias yang biasa mereka pakai. Tentu saja hal itu merupakan good start :)

"Let's speak up if you want the world to know you"
Ibaratnya kalau kita diam saja tanpa melakukan apapun bagaimana dunia bakal mengenal diri kita. Who is me? Tidak bakalan ada yang notice keberadaan aku, kalau aku sendiri tidak bilang ini loh aku XD
So, aku juga mau berbagi beberapa tips ngeblog
1. Tentukan tema blog
Menurutku ini penting banget untuk membantu company di luar sana menemukan blog kita, misal bisa food, travelling, parenting, fashion, beauty dsb. Tidak masalah kalau ingin memposting personal life juga alias curhat hehe tapi almost all dari isinya harus fokus ke tema yang sama.
2. Bergabung dengan komunitas blogger
Hal ini membantu banget dalam dunia blogger. Selain bisa belajar dan berteman dengan blogger lain. Biasanya company jug banyak menjalin relasi dengan komunitas blogger.
3. Good attitude
Sebagai blogger good attitude itu penting banget. Kalau ingin blognya dibaca orang lain tentu gak bisa dong ngomong "blog gw ini terserah gw dong mau ngapain aja". Tujuan ngeblog adalah untuk sharing jadi usahakan dengan bahasa yang sopan, jangan copas tulisan atau foto orang lain ( kalau memang mau copas sertakan link sumber), jangan suka memberikan comment spam dan ramah dengan para pembaca blog karena tanpa mereka ours blog is nothing. Thank you so much all of my blog reader:*
4. Totalitas
Kalau bisa sih membuat blog itu total, dari segi design blog dan isinya. Karena blog yang isinya dibuat dengan effort yang tinggi atau niat tentu akan banyak orang atau company yang notice akan keberadaan blog dan si owner blog tersebut. Gak ada salahnya menjadi sell out blogger karena di luar negeri pun sudah banyak orang yang famous karena dia adalah seorang blogger atau vlogger. Untuk di Indonesia mungkin sudah beberapa blogger feature on TV atau majalah tetapi belum seperti yang di luar dimana blogger adalah salah satu full time job mereka. Tentunya yang  penting juga adalah rajin update blog, karena percuma aja blognya keren tetapi jarang banget diupdate. Karena blogger juga punya other life and jobs di luar sana jadi pintar-pintar lah mengatur waktu.
5. Rajin blogwalking
Menjadi blogger tidak hanya sekedar menulis saja tetapi juga harus rajin-rajin blogwalking. Selain menjalin pertemanan di blog, sebagai blogger juga harus up to date. Contohnya beauty blogger itu sebisa mungkin update dengan perkembangan trend product atau makeup look saat ini jadi blogwalking membantu banget buat update info dan tentu saja comparing product,hehe

Apa itu B Blog?
B Blog adalah sebuah layanan dari perusahaan yaitu PT Bina Blog Indonesia yang bergerak dibidang social media marketing yang mempertemukan antara company dengan blogger-blogger Indonesia. B Blog juga merupakan blog network yang berasal dari Jepang yaitu Cyberbuzz. Untuk bergabung dengan B Blog itu free untuk semua blogger tetapi B Blog akan menganalisis blog dari para blogger ketika ada project yang ditawarkan. 
Postingan kali ini aku buat dalam rangka mengikuti salah satu project B Blog yaitu blog competition dengan tema “B Blog’s I A.M a Blogger”
Untuk yang ingin ikutan bisa klik banner di bawah ini ^^
Acara ini disponsori oleh:

berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [2]


love



A

You Might Also Like

4 comments

  1. berkunjung mak...emang ngeblog itu asyiik ya...banyak untungnya . sukses mak....

    ReplyDelete
  2. Ternyata cukup unik ya awal kamu bisa memulai Blog ini.
    Karena cuma tugas semata sampai akhirnya jadi Beauty Blogger yang sekarang sudah terkenal, hihi..

    Salam kenal ya
    Sanz Yu (www.sanz-yu.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, belum jadi terkenal kok
      salam kenal sanz yu :)

      Delete

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe