Tips Belanja Cantik supaya Tidak Bangkrut

November 11, 2016

Assalamu'alaikum,
Kira-kira dua bulan yang lalu saya belanja make up lumayan banyak. Kebetulan barangnya baru datang beberapa minggu yang lalu. Kalau melihat massive haul saya, teman-teman aku membelalakkan mata dengan tatapan, "Are you sure spent your money to buy all of these?". Indeed, I spent my money to buy all of these hahaha. Yah, meskipun aslinya kelihatan boros banget, I doesn't really spend all of my money on makeup. I push my self to be more discipline in financial thing. Istilahnya meskipun kelihatan spend much money on makeup, aku ga mau dong jadi cewe yang bangkrut alias ga punya aset apa-apa. Di sini aku berbagi tips bagaimana supaya tetap bisa belanja-belinji cantik tetapi tetep ya book tidak mau bangkrut. 
urban decay smokey palette lorac pro contour palette the balm manizer sisters instain blush
Urban Decay Naked Smokey Palette, Lorac Pro Contour Palette, The Balm The Manizer Sisters dan Instain Blush
1. You should have a commitment for saving or investing
Ini yang menurutku paling penting! kenapa? Ya kalau kamu sudah berpikir kamu boros banget dan ga bisa nabung. Believe me, kamu juga beneran ga akan bisa nabung. Walaupun kamu merasa suka banget belanja setidaknya kamu tetap berpikir kalau kamu mau nabung atau invest, intinya kamu berpikir kalau kamu harus punya aset. Meskipun rejeki sudah ada yang mengatur pikirkanlah masa depan ya sis :P
2. Belanja saat momen-momen diskon 
Sebenarnya aku bukan tipe orang yang punya budget khusus buat belanja karena aku sering banget melakukan impulsive buying hahaha. Tapi aku tidak setiap waktu belanja, jadi aku biasanya belanja banyak misal make up atau baju ketika momen-momen diskon saja. Contohnya nih aku membeli semua haul aku di bulan Oktober itu ketika brand-brand yang aku beli sale minimal 20%. Nah, ini sudah momen akhir tahun, biasanya akhir tahun ini momen yang aku tunggu-tunggu untuk belanja. Tidak hanya mall-mall, tetapi sekarang ini online shopping juga gencar melakukan sale di akhir tahun. Kalau website luar biasanya sale itu ketika black Friday, labor day, dsb. Sedangkan untuk website-website lokal biasanya memberikan sale besar-besaran di penghujung tahun. Salah satu momen yang aku tunggu adalah momen Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional di Zalora. Harbolnas ini berlangsung dari tanggal 10-12 Desember nanti. Saat ini belanja bisa dilakukan dimana saja. Buat kamu yang sangat suka belanja online, kamu tidak boleh melewatkan momen Hari Belanja Nasional atau Harbolnas di Zalora. Alasan aku suka belanja di Zalora karena zalora itu lengkap ada fashion dan beauty. Brand-brandnya pun lengkap dari yang lokal sampai brand luar. Bahkan aku sempat mencari merk Mango dan surprise banget di Zalora jual merk tersebut. Untuk make up aku juga kaget waktu itu teman aku bilang foundation YSL di Zalora lebih murah dari di konter mall. Biasanya aku membuat wishlist apa saja yang akan aku beli selain pastinya kalau diskonnya heboh aku pasti tidak akan melewatkannya juga, hehehe. Aku juga subscribe  by email website-website online shopping supaya tahu kapan saja website tersebut akan mengadakan diskon. Biar selalu update diskon ceritanya :P *gak mau rugi

Rimmel Stay Matte, Coty AirSpun Loose Powder
3. Skala Prioritas
Kalau aku biasanya ada skala prioritas misal nih aku memang suka belanja make up sometimes kelihatan over bagi sebagian orang, hehe. Kadang-kadang sok-sok an blenji make up high end. Tapi believe me selain make up aku stay basic, intinya sadar diri lah yow karena aku ga cuma ongkang-ongkang kaki untuk dapat duit :P

4. Be discipline
Sejujurnya aku orangnya susah untuk disiplin apalagi masalah uang. Kembali lagi ke poin satu, karena aku sudah berkomitmen dengan diri sendiri. Jadi setiap bulan aku melakukan autodebet untuk investasi. Yah semacam pemaksaan :P for a good thing tentunya. Jumlahnya tidak terlalu besar sekitar 10% dari gaji.  At least, bulan tersebut aku gila-gilaan belanja pun 10% gaji aku terselamatkan, hehehe. Ketika bulan-bulan tidak ada heboh diskon biasanya aku menahan diri untuk tidak belanja terlalu banyak, kecuali yang memang butuh saja. Kalau tiba-tiba skin care habis ya tetap harus beli kan, hehehe *banyak alasan. Sambil berharap semoga barang yang jadi wishlist aku suatu saat akan sale,hahaha. Saat momen-momen ga ada sale aku berusaha saving atau invest uang aku lebih besar. Karena aku memberi kelonggaran di bulan-bulan sale jadi aku juga berusaha memperketat di bulan-bulan lain. I'm not only invest or saving 10% of my salary tetapi aku menambah invest/saving minimal 50% dari gaji. Gile 50% banyak bener? hahaha intinya sih ya komitmen tadi, that's why aku memang menaruhnya di poin satu. Tipsnya aku menggunakan uang aku untuk invest setelah aku terima gaji bukan diakhir bulan. Kalau akhir bulan sudah dipastikan tinggal sisa-sisanya saja, hehe
5. Sediakan cash seperlunya saja
Uang cash disini bukan hanya di dompet saja tetapi jumlah uang di debit card yang bisa kamu gesek-gesek saat belanja juga. Karena aku tipe orang yang gak tahan buat ga belanja kalau punya duit jadi uang cash aku sebatas dana cadangan dan uang buat kebutuhan hidup makan, bayar kos dan kebutuhan primer bulanan lainnya. Selain itu aku pasti memilih untuk menyimpannya dalam bentuk instrument investasi, contohnya emas atau surat berharga (rd atau saham). Kalau tidak ada kebutuhan urgent dengan dana yang cukup besar aku berusaha tidak mencairkannya karena prosesnya agak ribet. Kalau semisal ada kebutuhan urgent pun aku sudah siapkan dana cadangan. That's why aku lebih suka investasi dibanding menabung. Tangan aku sering gatel buat belanja, hahaha.
6. Berbelanja sewajarnya jangan terlalu ditahan tetapi jangan pula terlalu berlebihan
Ibarat diet kalau terlalu menahan makan biasanya akan berakhir dengan pembalasan, begitu juga dengan belanja. Kalau memang lagi ingin sekali beli suatu barang sampai terbawa mimpi *eh ya sudah kalau ada uang beli saja. Tetapi harus tahu konsekuensinya yaitu skala prioritas. Kalau kamu kreatif kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Biasanya kalau aku tiba-tiba suka ada rejeki anak soleha  entah honor nulis atau honor diluar gaji, hehehe. Kalian sendiri lah yang paling tahu bagaimana mengaturnya. Tetapi inti basicnya poin satu tadi, komitmen hehehe
Karena fitrah wanita itu suka belanja jadi kita juga harus pintar untuk mengelola uang juga ya sis :D
Boleh lo share juga tips-tips lain buat bisa tetap belinji tanpa bangkrut, siapa tahu bisa aku contek, hehehe.




love


A


You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe